Penyakit Hernia Bisa Dialami Ibu Pasca Melahirkan


.org | Penyakit Hernia Bisa Dialami Ibu Pasca Melahirkan,- Tahukah anda bahwa penyakit hernia ini bisa juga dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan? Pada umumnya penyakit hernia yang dialami merupakan hernia umbilikus yaitu penyakit hernia yang terjadi akibat otot perut pada bagian bawah melemah.

Ketika sedang hamil biasanya ada tekanan dari beban janin yang akan semakin membesar dan menekan otot – otot perut. Ditambah lagi ketika seorang ibu sedang mengejan ketika melahirkan yang akan membuat otot – otot perut berkontraksi.

Apabila terjadi kontraksi maka akan mengakibatkan regangan yang terlalu kuat dan bisa merusak pembungkus otot (fascia). Otot-otot ini adalah jenis lapisan yang sangat penting untuk melindungi organ dalam perut. Apabila kekuatannya terganggu maka ibu bisa mengalami penyakit hernia.

Penyakit hernia ini bisa saja terjadi pada ibu yang melahirkan normal ataupun melahirkan sesar. Apalagi jika ibu tersebut sudah berulang kali melahirkan, sebab otot-otot perutnya semakin rentan terganggu.

Begitu pula ibu yang melahirkan sesar, otot perut akan dibelah saat operasi untuk mengeluarkan bayi. Apabila penyembuhan luka operasi tersebut kurang baik, terutama pada lapisan pembungkus otot, maka kemungkinan besar akan terjadi hernia. Resikonya pun lebih besar apabila operasi sesar lebih dari 1 kali.

Penyakit hernia pasca melahirkan ini biasanya dapat diatasi dengan melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki kerusakan jaringan.

Apabila dibiarkan maka organ yang masuk kedalam hernia bisa terjepit dan akan rusak. Hal ini sangat berbahaya sebab organ tersebut tidak mendapatkan aliran darah, sementara didalam aliran darah terkandung oksigen dan nutrisi untuk jaringan organ tersebut.

Akibatnya organ tersebut bisa rusak bahkan bisa mengakibatkan kematian jaringan organ. Operasi bisa dengan mengembalikan bagian yang terjepit yaitu usus kebagian atau tempat yang semula, kemudian menjahi atau menutup otot perut yang terbuka ataupun memototng usus yang terjepit lalu menutup otot yang terbuka.

Sebelum melakukan operasi, terlebih dahulu ibu harus melakukan persiapan seperti : cek laboratorium dan puasa untuk meringankan keluhan nyeri selama menunggu tiba waktu operasi dan biasanya ibu akan diberikan obat antinyeri (antisakit).

Apabila penyakit sudah berhasil diatasi, maka sebaiknya pasien menghindari ataupun mengurangi kegiatan yang butuh mengejan ataupun melibatkan kerja keras otot-otot perut. Seperti mendorong, mengangkat beban berat, dan lainnya.

Jangan lupa hindari sembelit dengan mengkonsumsi cairan cukup, makanan berserat, dan beraktivitas seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *